Selasa, 26 Desember 2017

Bika Bogor Talubi, Oleh-oleh (favorit!) khas Bogor

Musim liburan tibaaaa. Ada yang menghabiskan libur di Bogor? Udah ada agenda mau pergi kemana aja, kebun raya bogor atau taman matahari yang ada dipuncak? Inget nih kalo udah jalan-jalan, jangan lupa nyari oleh-oleh karena wajib dibawa ketika #kamubaca kembali pulang. Buanyak tempat wisata di Bogor yang bisa dikunjungi. Selain menjadi destinasi wisata favorit, kira-kira oleh-oleh apa yang juga favorit? #akutulis gak pelit kok, aku bakal kasih tahu

Apa yang ada dipikiran kalian kalo denger bika? ‘bika ambon’? terlalu mainstream ah, yang lain, Mmm bika bogor. ‘Lah emang ada?’ Lah baru tahu. Untuk sebagian kamu yang belum tahu atau belum familiar, di Bogor ada Bika Bogor Talubi. Siapa favorit makan bika atau bosen dengan kue-kue an wajib banget icip. Nih aku kasih ulasan sedikit 3 produk unggulan Talubi, salah satunya bika bogor, simak yaaa!

Okee..sabar sebentar, sebelum aku kasih tahu, aku mau kenalin dulu tentang talubi itu sendiri. Talubi ternyata sudah berdiri sejak 2014, kalo dihitung-hitung wah tahun ini menginjak tahun ke 3. Outlet pertama buka di Jl. Raya Gadog (dekat Vimala hills), kalo ke arah puncak pasti ngelewatin deh. Lalu karena permintaan melonjak, talubi kembali buka 2 outlet berikutnya di Jl. Padjajaran 20 M dan Jl. Sholeh Iskandar no. 18 B Bogor. Jadi, kamu lebih mudah kan membeli produknya, karena tersebar di wilayah Bogor.

BIKA BOGOR TALAS


Ada yang bertanya-tanya apa bedanya bika bogor dan bika ambon? Terletak pada bahan bika tersebut. Bika Bogor bahannya terdiri dari talas dan ubi, yang tidak digunakan pada bika ambon. Seperti yang kalian tahu talas itu khas Bogor, so bika ini Bogor Banget!! Memang sih nama sama ‘bika’nya tapi soal rasa jelas beda.


Varian rasanya bukan hanya talas tetapi ada Bika Bogor Ubi Madu, Bika Bogor Cocopandan, dan Bika Bogor Nangka. Kebetulan aku ngicip Bika Bogor rasa Talas. Pertama kali buka kotaknya mungkin aromanya gak sekuat bika ambon. Tapiiii.. pas mulai memotong dan liat tekstur bika yang khas dan warna yang keungu-unguan, menggoda banget. Aku kok dagdigdug yaa takut kecewa huh.


Sepotong aku pisahkan dan taruh di piring kecil, lalu ku gigit bika. Sampai dimulut, aku mulai pergerakan mengunyah ke kiri dan ke kanan, menemukan kenikmatan Bika Bogor Talas. Nah sampai pada merasakan tekstur bika yang lembut, asli lembuut. Rasa talas begitu terasa. Anehnya gak bikin enek untuk mencoba gigitan-gigitan berikutnya.


Ini si ungu beneran menggoda, rasa yang gak biasa terus kena cahaya begini kalo anak jaman now bilang ‘makanan dari surga’. Warga bogor khususnya, wajib banget kenalin ini ke semua masyarakat, karena ini bikanya kita. Perlu diketahui, pembuatan bikanya tanpa bahan pengawet, jadi hanya bertahan selama 4 hari dari masa produksi.

BIKA BOGOR MINI


Kalo ini sama sih, kayak bika bogor yang aku ulas diatas. Bedanya dari ukuran dan bentuk bikanya. Ini gemes sih, favorit aku. Mungkin lebih dari sekali, tiap ke outlet Talubi paaassstiiiii beli bika bogor mini. Soalnya bentuknya bulat dan beneran mini. Jadi, gak perlu repot motong-motong. Ibaratnya gak licin kalo digenggam hehe.


Bika Bogor Mini ini cocok buat cemilan anak-anak. Bukan berarti khusus buat anak-anak yaa. Cuma menurutku kalo kita sih bisa makan apa aja, tapi kalo anak-anak sulit. Nah bika bogor mini ini bakal menarik anak-anak jauh sebelum rasa. Mereka bisa tertarik dari bentuk bulat mini dan warna warni bikanya.

Varian rasa bika bogor dan bika bogor mini sama. Bedanya kalo bika bogor hanya bisa memilih satu rasa aja, kalo bika bogor mini dalam 1 boks isi 10 biji sudah berbagai macam rasa. Ini cocok banget buat dibawa kalo lagi ngumpul keluarga atau temen-temen. Sambil ngobrol, ngemilin bika bogor mini. Besok-besok mereka dipastikan minta bawain lagi haha.


Teksturnya sih lebih lembut bika bogor dibanding yang mini. Tapi kalo soal rasa, ya jelas sama enaknya. Apalagi nyobain yang mini, mana bisa satu, minimal 3 biji dari warna yang ada yakni ungu, hijau, dan kuning. Aku sih ngasih tahu untuk hati-hati aja makan bika bogor mini, hati-hati rebutan, nagih banget wkwkwk.

BOGOR BANANA


Nah, kalo ini beda lagi, dari namanya aja udah keliatan yaa bahan dasarnya dari apa. Yaap, pisang. Pisang yang diolah jadi bika, unik deh. Dari buka kotaknya, aroma pisang yang kebika-bikaan (apa sih wkwk) kecium banget. Segeeeer aja gitu, spontan ngecap lidah, nelen ludah liatnya.


Sekarang makanan berbahan dasar pisang, bukan hanya soal rasa tapi bentuk juga menyerupai pisang. Yaa kan? Liat deh bentuknya sama persis, seperti pisang pada umumnya yang melengkung gitu. Kalo sekilas liat kamu mungkin berpikir bahwa itu pisang, pisang yang dipenyet atau pisang yang ditepung. Beda kalo km uda nyobain, bakal bilang?

Lah ini bika tapi berasa dan berbentuk pisang. Enaaaaaaakkk parah! Ditambah dengan topping keju dan coklat. Gimana sih keju ama coklat ketemu pisang, itu udah paduan yang luar biasa bikin merem merem melek haha. Gak ngerti lagi, cara menjelaskan lebih jauh rasa yang hadir ditiap kunyahan. Kamu mesti cobain makanyaaa! *maksa hihi


Ini penting ini penting!! Bogor banana ini merupakan inovasi terbaru dari bika bogor talubi. Inovasi yang menurutku lumayan berhasil. Eneg? Enggalah, jelas enak enak enak. Kalo mau ngicip tau kan mesti nyari kemana, karena gak ada dimana-mana. Hanya ada di Bika Bogor Talubi. Informasi alamat dan mediasosialnya aku share dibawah biar #kamubaca langsung meluncur untuk info lebih lengkapnya.

So, oleh-oleh bagian terpenting dari jalan-jalanmu. Wisata ke bogor, kudu (wajib) mampir ke Bika Bogor Talubi.

SalamManis, salam icip-icip! ❤

Outlet Talubi :
Jl. Padjajaran 20M, Bogor
Jl. Sholeh Iskandar 18B, Bogor
Jl. Raya Gadog Sebelah Vimala Hills, Puncak Bogor

Informasi lebih lanjut :
Bika Bogor Talubi
WA : 0888-4829-626
Line : @bikabogor (pake ‘@’)

Media Sosial :
Instagram = @bikabogor
Facebook = Bika Bogor

Tidak ada komentar:

Posting Komentar